Bimtek Peningkatan Kapasitas Satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban Desa Jagapati

18 September 2022
Administrator
Dibaca 67 Kali
Bimtek Peningkatan Kapasitas Satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban Desa Jagapati

Bimbingan Teknis dalam rangka peningkatan kapasitas Satlinmas Desa Jagapati, minggu (18/09/2022) bertempat di Ruang Rapat Sabha Gosana  Desa Jagapati. Hadir dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tersebut, Kabid Pol.PP  Bpk. I Wayan Kamasan, Kabid PK Bpk. I Wayan Netra dari  BPBD Kabupaten Badung dan I Made Windia Babinsa Desa Jagapati.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas yang diselenggarakan ini memang sengaja digelar, karena memang sudah menjadi program perencanaan di tahun 2021 dan direalisasikan pada tahun 2022 ini. Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Perbekel Jagapati menyampaikan kegiatan serupa akan tetap diprogramkan dan berlanjut pada tahun 2023 mendatang terkait menjelang terlaksanakannya Pemilu Presiden Wakil Presiden serta DPR/DPRD/DPD di bulan Februari 2024. “kegiatan seperti ini tetap kita programkan, terutama untuk kegiatan simulasi pemilu tahun 2024. Dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta Bimtek atas partisipasinya, semangatnya bisa mengikuti kegiatan ini. Keberadaan Linmas ini, berdasarkan ketentuan terbaru diatur dalam Permendagri Nomor 26 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketentraman umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat. Berdasarkan aturan tersebut, disampaikan bahwa Satuan Pelindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satlinmas adalah organisasi yang beranggotakan unsur masyarakat yang berada di kelurahan atau desa dibentuk oleh lurah atau kepala desa untuk melaksanakan Linmas. “Anggota Satlinmas adalah warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan dan secara sukarela turut serta dalam kegiatan,”jelasnya. Selain itu disampaikan terkait adanya SIM LINMAS bagi anggota Linmas, yang harus dimiliki oleh setiap anggota dengan cara mendownload aplikasinya di Playstore dan membuat akun. Setelah terregistrasi diharapkan dapat melaporkan setiap kegiatan-kegiatan Linmas di masyarakat disertai dengan upload foto-foto kegiatannya. Kegiatan yang dimaksud, seperti Bimtek ini, membantu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta membantu pemerintah kelurahan atau Desa dalam suksesnya Pemilu dan lain sebagainya.

Dikatakan, peningkatan kemampuan dan keterampilan Anggota Satlinmas untuk melaksanakan tugas dan fungsinya melalui pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap dan perilaku serta kemampuan Anggota Satlinmas ini sangat penting. Sehingga keberadaannya di Kelurahan, tidak hanya pada saat ada momen Pemilu, Pemilukada,Pil presiden,Pilkades atau yang lainnya saja. “Oleh karena itu, jika dilihat dari masa keberadaannya tersebut, tentu tugas dan fungsi Satgas Linmas Kelurahan ini sangat kompleks. Beliau mengajak, karena kegiatan ini sangat penting bagi anggota Satgas Linmas Kelurahan untuk meningkatkan kapasitas SDM nya, maka seluruh rangkaian kegiatan hari ini bisa diikuti dengan serius serta penuh semangat.
 Linmas harus berperan dalam kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat dan mendahulukan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. Juga disampaikan semangat ke-Bhinekaan, walaupun kita berbeda-beda tetap sama di atas hak asasi manusianya.

Kegiatan praktek lapangan menjadi rangkaian acara dalam Bimtek Linmas Desa Jagapati kali ini. Walaupun di bawah teriknya matahari semua peserta masih antusias mengikutinya sampai acara selesai. Di pimpin oleh Babinsa Desa Jagapati para peserta mengikuti arahan kegiatan PBB tingkat dasar, seperti sikap siap, istirahat, jalan di tempat, hormat dan lainnya.

Rangkaian Kegiatan Bimtek ini ditutup oleh Perbekel Jagapati, beliau berpesan, ilmu yang didapat dari kegiatan ini semoga dapat dipedomani, dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dalam semua kegiatan yang ada di wilayah masing-masing diharapkan bisa berperan aktif, apabila ada sesuatu hal yang perlu koordinasi, bisa disampaikan kepada kami melalui Bhabinkamtibmas atau Babinsa Desa Jagapati.