Desa Adat Jagapati Melaksanakan Caru Nawa Gempang

13 Desember 2023
Administrator
Dibaca 379 Kali
Desa Adat Jagapati Melaksanakan Caru Nawa Gempang

Kasus ulah pati dan salah pati yaitu kematian yang tidak wajar yang terjadi terhadap masyarakat Desa Jagapati yang dimana dalam menyikapi hal tersebut Pemerintah Desa bekerja sama dengan segenap masyarakat Desa Jagapati melaksanakan Upacara Adat yaitu Caru Nawa Gempang pada hari Minggu 10 Desember 2023 pada pukul 09.00 WITA sampai 15.00 Wita yang bertempat di Perempatan Agung Desa Jagapati 

Upacara ini menjadi titik awal atau permulaan bagi Desa Jagapati untuk menstabilkan aura positif yang ada di Desa Jagapati. Menjadi salah satu momen langka yang terjadi di Desa Jagapati, serentak seluruh masyarakat menjadi antusias dalam mengikuti upacara Caru Nawa Gempang. Agar upacara tersebut berjalan dengan lancar, Pemerintah Desa Jagapati mengerahkan Pecalang dalam mengatur lalu lintas yang dimana Desa Jagapati menutup akses jalan pengendara yang ingin melewati jalan yang dipakai untuk upacara Caru Nawa Gempang. 

Semoga setelah melaksanakan upacara Caru Nawa Gempang ini, dapat mengurangi atau bahkan menghilangklan kasus-kasus yang terjadi karena ulah pati dan salah pati yakni kematian yang tidak wajar. 

Kim Jagapati / 01