Deteksi dini kanker payudara dan serviks di banjar Jabejero Desa Jagapati

09 November 2023
Administrator
Dibaca 67 Kali
Deteksi dini kanker payudara dan serviks di banjar Jabejero Desa Jagapati

Kamis (09/11/2023) deteksi dini kanker payudara dan Serviks (IVA Test) dilaksanakan di balai banjar Jabejero.  Sebanyak 50 orang diperiksa mulai jam 9.00-12.00. Dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat serta sudah beroperasinya mobil layanan deteksi dini kanker payudara(MAWAS) dan Serviks (IVA Test), dari Dinas Kesehatan Kabupaten Badung  melaksanakan deteksi dini kanker payudara dan serviks di Desa Jagapati.

Kanker payudara adalah penyakit keganasan yang menyerang payudara wanita, Salah satu upaya deteksi dini kanker payudara yaitu dengan melakukan peningkatan pengetahuan tentang kanker payudara serta cara pencegahan dan penanganan dini kanker payudara. Pemeriksaan dini yang bisa dilakukan oleh wanita terhadap adanya tanda kanker payudara yaitu dengan melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) yang dapat dilakukan oleh individu wanita.

Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Kanker ini umumnya berkembang perlahan dan baru menunjukkan gejala ketika sudah memasuki stadium lanjut. Oleh sebab itu, penting untuk mendeteksi kanker serviks sejak dini sebelum timbul komplikasi serius.

Perbekel Jagapati menyambut baik kegiatan ini karena memiliki dampak postif bagi warga Desa Jagapati. Dengan adanya pemeriksaan payudara gratis ini, warga memiliki kesempatan untuk memeriksakan kesehatan mereka. 
 
"Dengan adanya mobil pemeriksaan keliling ini juga memudahkan warga untuk melakukan pemeriksaan. Karena warga tidak perlu jauh-jauh datang ke rumah sakit, tetapi pelayanan kesehatan yang datang ke tempat-tempat warga seperti contohnya di balai banjar Jabejero ini" jelasnya. 
 
Tujuan pemeriksaan payudara ini sangat baik untuk mendektesi secara dini, sehingga bisa mencegah ataupun mengobati jika memang sudah memiliki gejala kanker.