Peningkatan Kapasistas Ekonomi Sirkular Desa & TPST 3R pada Desa Jagapati

25 Juni 2024
Administrator
Dibaca 56 Kali
Peningkatan Kapasistas Ekonomi Sirkular Desa & TPST 3R pada Desa Jagapati

Saat ini, sistem ekonomi di Indonesia masih menggunakan model linear, model yang dianggap mampu memaksimalkan hasil dan keuntungan. Namun, model linear tersebut merupakan model yang tidak berkelanjutan untuk jangka panjang karena pendekatan sistem linear menggunakan pendekatan “ambil-pakai-buang”. Ekonomi sirkular merupakan model yang berupaya memperpanjang siklus hidup dari suatu produk, bahan baku, dan sumber daya yang ada agar dapat dipakai selama mungkin. Prinsip dari ekonomi sirkular mencakup pengurangan limbah dan polusi, menjaga produk dan material terpakai selama mungkin, dan meregenerasi sistem alam. Dalam hal ini mahasiswa Universitas Udayana dengan program kompetisi Kampus Merdeka dalam rangka KKN-T Desa Jagapati menyelenggarakan sosialisasi “Peningkatan Kapasistas Ekonomi Sirkular Desa & TPST 3R pada Desa Jagapati” pada hari Jumat 7 Juni 2024 di Wantilan Pura Puseh pukul 19.00 WITA.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pihak – pihak yang memiliki pengaruh dalam masyarakat yaitu Perbekel Desa Jagapati, BPD, seluruh perangkat Desa, Kelihan Adat, Kelihan Dinas, Babinsa, Babinkamtibmas dan masing – masing pengurus STT dari setiap Banjar. Kegiatan ini diisi oleh Mahasiswa, Dosen beserta tenaga – tenaga yang berpengalaman dalam memberikan edukasi mengenai Ekonomi Sirkular.

Harapan kedepannya dengan ada sosialisasi pemahaman mengenai ekonomi sirkular dapat memberikan pembelajaran sehingga pemerintah siap nantinya dalam perubahan menuju program ekonomi sirkular pada TPST 3R. 

Kim Jagapati / 01